News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard pada PC/Laptop

Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard pada PC/Laptop

Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard pada PC/Laptop

Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard pada PC/Laptop - Keyboard merupakan hardware yang berfungsi untuk menginput perintah atau memasukan data ke CPU yang selanjutnya disimpan serta dianalisa sebagai pengontrol kinerja komputer. Secara umum keyboard digunakan untuk mengetik.

Pada keyboard, baik keyboard PC atau Laptop terdiri dari banyak tombol yang terdiri dari angka, huruf, simbol, dan tombol fungsi yang memiliki fungsinya sendiri sendiri. Sehingga tombol pada keyboard dikelompokan menjadi lima kelompok yaitu, Tombol Ketik (Typewriter Key), Tombol Fungsi (Function Key),Tombol Navigasi (Navigation Key), Tombol Numpad (Numeric Keypad) dan Tombol Ekstra (Extra key).


Namun apa jadinya jika salah satu tombol rusak & tidak berfungsi ?  Mengganti fungsi tombol keyboard bisa menjadi salah satu solusi jika ada tombol keyboard yang rusak atau malfungsi daripada dibawa ke tukang servis atau beli keyboard baru. Yang dimaksud mengganti fungsi tombol keyboard adalah menempatkan fungsi tombol yang rusak pada tombol lainnya yang masih berfungsi.

Contoh, tombol Enter pada keyboard saya tidak berfungsi, maka saya pindahkan fungsi enter tersebut ke tombol Right Shift, karena tombol shift biasanya ada dua di setiap keyboard. Dengan begitu ketika ditekan tombol Right Shift akan berfungsi sebagai Enter.

Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard

Disini kita akan menggunakan software untuk mengganti fungsi tombol pada keyboard, software yang saya gunakan adalah KeyTweak. KeyTweak merupakan software yang bisa digunakan untuk mengubah fungsi tombol keyboard tanpa harus masuk ke CMD. Tentunya, software ini cukup mudah dan ringan dijalankan. Anda bisa download software KeyTweak dengan gratis, silahkan download di sini. Untuk cara menggunakan KeyTweak silahkan ikuti langkah berikut:

Langkah Pertama
Jalankan aplikasi Keytweak di PC/Laptop anda terlebih dahulu. Kemudian buka aplikasinya

Langkah Kedua
Pilih tombol yang akan anda ubah, contoh anda ingi ubah tombol Enter menjadi tombol Shift, maka anda pilih tombol Enter. Gunakan mouse atau kursor untuk memilih tombol.

Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard pada PC/Laptop

Langkah Ketiga
Kemudian selanjutnya klik Chose New Remapping, pilih Right Shift (atau tombol yang ingin anda gunakan).

Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard pada PC/Laptop

Langkah Keempat
Klik Apply
Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard pada PC/Laptop

Lankah Kelima
Klik Yes, selanjutnya komputer anda akan merestart

Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard pada PC/Laptop

Setelah PC/Laptop selesai restar atau reboot maka fungsi tombol akan berubah. Begitulah Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard pada PC/Laptop. Anda bisa gunakan cara ini untuk memindahkan fungsi tombol yang rusak ke tombol lainnya, atau juga bisa meremaps funsi tombol keyboard sesuai keinginanmu.

Baca Juga: Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Bagaimana mudah bukan? Demikianlah artikel tentang Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard pada PC/Laptop, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar