News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya
Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya, Mungkin ketika sobat asyik bermain komputer atau atau sedang mengedit video di komputer tiba-tiba komputer mengalami Not Responding atau Hang? Bila pernah mengalami hal tersebut berarti komputer sobat menjalankan progam yang berat sehingga resource komputer tidak cukup.

Perlu diketahui, munculnya dialog box Not Responding tidaklah pasti disebabkan karena masalah software saja. Terkadang, masalah tersebut kerap timbul karena masalah dengan hardware komputer atau komputer sendiri yang sudah tidak compitable.

Apabila sobat berniat untuk menginstal ulang komputer karena sering mengalami not responding. sobat dapat tunda dulu niat tersebut. Sobat dapat mengenali apa saja penyebab sehingga komputer mengalami not respoding serta cara mengatasinya.

Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Berikut ini saya akan jelaskan beberapa masaah penyebab komputer not responding serta cara mengatasinya, simak di bawah ini:

1. Banyaknya Aplikasi yang Terinstal

Terlalu banyak aplikasi yang terinstall pada komputer adalah salah satu penyebab komputer sering Not Responding. Mengapa?? Karena Karena proses yang dilakukan oleh system dalam membaca dan semua aplikasi akan semakin berat, dan apalagi jika aplikasi tersebut mempunyai ukuran yang besar hal itu dapat memakan resource komputer yang besar.

Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Akibatnya, komputer sobat akan menjadi lambat dan sering mengalami Not Responding. Oleh sebab itu, uninstall aplikasi yang sekiranya tidak sobat perlukan. Baca: Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows.

2. Membuka Aplikasi Yang Berat

Aplikasi yang berat dapat menghambat kinerja komputer sobat, karena memakan banyak ruang memory dan harddisk. Contohnya seperti aplikasi Game online, aplikasi editing (Corel, Photoshop, Adobe).

Solusinya sobat dapat merestar komputer lalu menutup aplikasi lainnya ketika sobat membuka aplikasi yang berat, dan yang pasti sobat harus upgrade komputer sobat dengan spesifikasi yang lebih memumpuni.

3. Banyak Menjalankan Aplikasi Secara Bersamaan (Multitasking)

Jika kamu bekerja dengan komputer, pastinya kamu sering menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan atau bahasa kerennya multitasking, hehehe...

Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Ya, memang multitasking akan sangat berguna dan akan mempercepat suatu pekerjaan. Akan tetapi, terlalu banyak aplikasi yang terbuka akan mengakibatkan RAM komputer akan terkuras habis, dan lama-lama akan mengakibatkan Not Responding.

Jadi, usahakan jangan membuka banyak aplikasi yang memang tidak dibutuhkan. Kalau pun itu memang diperlukan, usahakan aplikasi yang terbuka tidak lebih dari 3 aplikasi.

4. Banyaknya Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Tanpa sobat sadari saat menggunakan komputer ada beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi tersebut berjalan secara otomatis ketika sobat pertama kali menyalakan komputer. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang akan akan mengambil banyak resource memori dan harddisk, akibatnya komputer akan menjadi sering Not Responding.

Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Oleh karena itu, sobat dapat memeriksa daftar Startup yang berjalan. Untuk dapat memeriksa Startup, cukup buka Windows Run (Win+R) dan ketikkan msconfig (untuk win 7 kebawah) Sedangkan untuk Win 10 buka Task Manager, pada Tab Startapp hilangkan centang pada aplikasi yang sekiranya sobat tidak butuh.

5. Virus dan Malware

Virus atau malware yang berbahaya dapat merusak sistem pada windows, seperti otomatis mendownload aplikasi yang sama sekali tidak diperlukan ketika komputer terhubung ke internet, bahkan bisa dibilang aplikasi pengganggu, sehingga membuat kinerja laptop lebih berat walau hanya membuka sedikit aplikasi.

Solusinya sobat dapat menggunakan aplikasi anti virus seperti McAfee dan Smadav. Tapi apabila virus sagat parah dan antivirus tidak dapat menghapusnya, sobat dapat melakukan instal ulang windows pada komputer.

6. Hardware

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa penyebab komputer mengalami Not Responding bukan hanya karena masalah software/aplikasi atau sistem saja. Tapi juga dapat disebabkan oleh hardware pada komputer. Seperti diantaranya:

Harddisk yang hampir penuh juga dapat menyebabkan masalah Not Responding. Ini karena komputer membutuhkan waktu lama untuk me-load seluruh file yang ada di dalam harddisk. Oleh karena itu, usahakan untuk memberikan space yang longgar pada harddisk agar komputer dapat berjalan lebih lancar dengan cara menghapus file atau aplikasi yang tidak terpakai, membackup data file ke hardisk external.

Selain itu sobat juga dapat melakukan upgrade hardisk, menggunakan hardisk yang memiliki kapasitas lebih besar dan kualitas lebih baik dari sebelumnya.

RAM adalah salah satu faktor utama yang turut menyebabkan sering mengalami Not Responding ada komputer. RAM merupakan ruang untuk memproses aplikasi, program dan sistem yang sedang berjalan, oleh karenamya apabila kapasitas ram sobat pas-pasan dapat menyebabkan komputer mengalami not responding.

Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Solusinya sobat dapat menghindari pemakain aplikasi yang berat, penggunaan aplikasi secara bersamaan dan yang terakhir adalah upgrade RAM sobat, dengan membeli RAM dan memasangnya di CPU, apabila RAM pada komputer sobat sebesar 2 GB maka sobat dapat membeli RAM yang berukuran 2GB lalu memasangnya, maka RAM komputer menjadi 4 GB.

Dengan begitu dapat dipastikan kinerja komputer akan lebih ringan dari sebelumnya. Sobat dapat membeli RAM 2GB sekitar 100 ribu sampai 200 ribu.

7. Komputer Sudah Tua

Semakin berkembangnya zaman, semua menjadi serba cepat, oleh karenya apabila sobat ingin komputer bekerja dengan normal cepat dan tidak mengalami not responding, maka segerelah upgrade perangkat komputer sobat. Karena rata-rata komputer mengalami not responding karena tidak kuat menjalankan program-program yang telah update setiap harinya.

Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Dan aplikasi dan program zaman sekarang membutuhkan spesifikasi yang lebih. Saya sarankan untuk membeli komputer atau laptop dengan RAM minimal 4GB dan hardisk 500GB, dengan spesifikasi tersebut saya pastikan komputer sobat setidaknya akan kompitabel dengan aplikasi-aplikasi zaman sekarang

Baca Juga: Cara Menggati Fungsi Tompol Keyboard Pada PC/Laptop

Demikianlah beberapa Penyebab Komputer Sering Mengalami Not Responding Beserta Cara Mengatasinya. Dengan mengetahui beberapa penyebab diatas, maka diharapkan kamu agar lebih bijak lagi dalam menggunakan komputer.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar