News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

5 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Batu Ginjal

5 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Batu Ginjal

Batu Ginjal, Hariantrendingtopik.com
5 Makanan Penyebab Batu Ginjal, Ginjal mempunyai peran yang sangat penting dalam menyaring dan mengeluarkan limbah atau komponen yang tidak dibutuhkan lagi dari tubuh. Setiap hari, Ginjal dapat menyaring lebih dari 200 liter darah dan 2 liter produk limbah, yang kemudian akan keluar dari tubuh dalam bentuk urine.

Namun perlu diketahui, makanan tertentu dalam porsi yang berlebih atau frekuensi yang terlalu sering dapat menyebabkan batu ginjal yang nantinya dapat menurunkan fungsi ginjal. Apa itu Batu Ginjal, penyebab dan Cara Mengatasinya? Baca Selengkapnya di sini: Penyebab Batu Ginjal, Gejala dan Cara Mengobatinya.

5 Makanan Penyebab Batu Ginjal

Seperti yang dilansir oleh Hariantrendingtopik.com Berikut ini beberapa makanan yang dapat menyebabkan penyakit Batu Ginjal yang wajib kamu ketahui

1. Kafein

Batu Ginjal, Hariantrendingtopik.com

Konsumsi kafein yang berlebihan dan terlalu sering dapat mengarahkan pada pengembangan batu ginjal karena kadar kalsium yang tinggi dalam urine. Hal tersebut juga memicu gagal ginjal karena ada stimulan yang dapat membuat organ kelelahan. Kafein bisa ditemukan dalam kopi, teh, dan soda.

2. Pemanis buatan

Batu Ginjal, Hariantrendingtopik.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemanis non-kalori dapat merusak fungsi ginjal, jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Jadi, yang terbaik adalah memilih pemanis alami seperti madu atau konsumsi gula alami yang dihasilkan dari buah-buahan. Hindari minuman manis kemasan yang dijual di warung atau toko.

3. Daging-dagingan

Batu Ginjal, Hariantrendingtopik.com

Protein hewani dapat mendorong pembentukan batu ginjal dan juga kerusakan ginjal. Konsumsi makanan tinggi protein dapat menempatkan tekanan pada ginjal karena limbah protein sulit untuk dibuang. Perlu diketahui bahwa daging juga tinggi asam urat, penyebab umum dari batu ginjal.

4. Sarden

Batu Ginjal, Hariantrendingtopik.com

Jika kamu rentan terhadap batu ginjal, Sebaiknya kamu harus membatasi asupan tinggi purin (senyawa organik yang dapat meningkatkan aroma). Dan karena sarden tinggi akan purin, sebaiknya batasi konsumsi ikan sarden.

5. Minuman berkarbonasi dan Susu

Batu Ginjal, Hariantrendingtopik.com

Minuman berkarbonasi (soda, minuman energi, dan minuman kemasan) akan meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal dan bahkan menyebabkan kelainan pada Ginjal. Minuman berkarbonasi sering kita dapatkan di warung-warung dan supermarket.

Selain menyebabkan pembentukan batu ginjal, minuman berkarbonasi juga dapat memicu naiknya kadar gula darah atau Diabetes, Sebagai penggantinya kamu bisa mencoba buah-buah segar yang memiliki Gula dan karbonasi organik atau alami.

Batu Ginjal, Hariantrendingtopik.com

Produk susu kemasan yang terdapat di pasaran biasanya memiliki kandungan kalsium yang tinggi,  di mana berfungsi untuk pertumbuhan dan penguatan tulang dan Gigi. tapi berbeda Bagi mereka yang memiliki Batu Ginjal. Kalsium dapat memperparah Batu Ginjal, bahkan kalsium dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urine, sehingga limbah lebih sulit untuk dibuang sehingga mendorong terbentuknya batu ginjal.

Itulah 5 Makanan yang dapat memicu terjadinya pembentukan batu ginjal, oleh karenyanya cobalah hindari ke-lima makanan di atas, dan coba beralih ke makanan organik yang lebih sehat dan menyehatkan seperti Sayuran dan Buah-buahan.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar