News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cara Simpan File Coreldraw Agar Dapat Dibuka di Semua Versi

Cara Simpan File Coreldraw Agar Dapat Dibuka di Semua Versi

Cara Simpan File Coreldraw Agar Dapat Dibuka di Semua Versi
Cara Simpan File Coreldraw Agar Dapat Dibuka di Semua Versi, Pastinya sobat sudah tidak asing lagi dengan kata CDR atau fole CDR. File CDR merupakan file format editor program berbasis vektor CorelDRAW. Jika kita mengerjakan projek desain grafis pada aplikasi CorelDRAW maka output yang dihasilan secara default akan tersimpan dalam format CDR.

File CorelDraw dengan format CDR dapat dibuka diakses menggunakan aplikasi Coreldraw dan dapat diedit ulang konten dari file tersebut. CorelDraw sendiri dapat dibilang aplikasi yang paling populer di dunia desain grafis.

Karena kemudahannya dan kelengkapan akan tool-tool yang dapat membantu dan mempermudah para grafis desainer. CorelDRAW adalah salah satu program yang wajib dimiliki dan dikuasai. Karena dengan CorelDRAW kita bisa lebih mengekplorasi lagi bakat desain. Dan memang CorelDRAW khusus dipersembahkan bagi desainer.

Seperti halnya program atau aplikasi lainnya, untuk menyempurnakan dan mengembangkan tool, fitur serta memperbaiki bug atau kekurangan sebelumnya CorelDRAW selalu diperbarui versinya. Pada tahun 2018 ini ketika artikel ini diterbitkan CorelDRAW sudah mencapai versi X8 atau orang biasa menyebut versi 2018.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Hasil Print Bagus dengan Printer HP

Namun sayangnya dari setiap versi CorelDRAW file CDR yang kita kerjakan tidak kompatibel dengan CorelDRAW versi sebelumnya. Artinya jika kita mengerjakan projek di CorelDRAW versi lebih baru maka file CDR tersebut tidak akan bisa dibuka pada CorelDRAW dengan versi yang lebih rendah.

Contohnya kita membuat file CDR pada CorelDRAW X8 maka file CDR tersebut tidak akan bisa dibuka pada CorelDRAW versi dibawahnya, seperti X7, X6, X5, X4, dan seterusnya. Untuk mengatasinya maka kita harus setting versi CorelDRAW ketika menyimpan file CDR, supaya file CDR dapat dibuka di semua versi CorelDraw.

lalu bagaimana cara Simpan File Coreldraw Agar Dapat Dibuka di Semua Versi? Kali ini admin akan mencoba menjelaskan bagaimana cara supaya CorelDraw bisa dibuka di semua versi. Yuk simak selengkapnya.

Cara Simpan File CorelDraw Supaya Bisa Dibuka di Semua Versi

Cara simpan file CDR agar tetap bisa dibuka dan bisa kita kerjakan untuk melakukan editing atau perubahan ternyata sangat mudah. Ketika Sobat selesai membuat projek di CorelDRAW, selanjutnya pasti Sobat akan menyimpannya kedalam format CDR.

Supaya dapat dibuka di semua versi, maka ketika menyimpan file CDR sobat harus memilih versi file tersebut, Caranya Ctrl + S atau melalui File >> Save.

Cara Simpan File Coreldraw Agar Dapat Dibuka di Semua Versi

Pertama Sobat tentukan jenis file yang akan disimpan pada Save as type. Tentunya disini kita tentukan file format CDR. Langkah selanjutnya Anda klik Version, dan pilih versi yang akan tentukan. Disini saya memberi contoh menyimpan pada versi CorelDRAW V12.0, Kemudian klik save.

Karena tadi saya simpan pada format versi V.12.0 maka file CDR tersebut akan compitable dan dapat dibuka pada coreldraw versi X2 sampai versi teratas. Bagaimana mudah bukan? Demikianlah Cara Simpan File Coreldraw Agar Dapat Dibuka di Semua Versi.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar