News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Memaknai Nilai-Nilai Pancasila

Memaknai Nilai-Nilai Pancasila


Foto : Doc. Sutrisno Mohamad, S.Pd, M.Pd

Pancasila yang merupakan suatu dasar Negara atau pedoman dari Bangsa Indonesia yang memiliki nilai kesatuan. Bahkan dalam setiap sila terdapat nilai-nilai yang memiliki perbedaan antara satu dengan lainnya.

Namun, semua itu merupakan suatu kesatuan yang sistematis. Artinya Pancasila merupakan suatu pedoman perilaku dalam kehidupan sehari-hari, ideology yang memuat tentang nilai-nilai, norma-norma, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Jika kita jauh kembali melihat sejarah, kita tidak akan menemukan satu catatan bahwa Indonesia tidak majemuk. Kemajemukan bangsa ini yang membuat Indonesia besar, untuk tetap menjaga keutuhan NKRI perlu adanya penguatan aplikasi terhadap nilai-nilai yang termuat dalam pancasila, toleransi umat beragama, bersuku dan berbudaya harus dijunjung tinggi.

Perpecahan yang terjadi saat ini merupakan cerminan sejarah. Betapa tidak jika kita mengingat kembali bahwa keberagaman dan kemajemukan kita di masa penjajahan dijadikan oleh penjajah untuk memecah belah satu suku dengan suku yang lainnya melalui politik adu domba sehingga Indonesia terpecah-pecah, dan mengakibatkan semua perjuangan yang bersifat kedaerahan selalu mengalami kekalahan dan tak pernah mendapatkan hasil.

Dari pengalaman sejarah itulah lahir kesadaran nasional bangsa kita untuk menggalang persatuan dan kesatuan. Dimulai dengan adanya perjuangan organisasi pergerakan Budi Utomo sistem perjuangan kedaerahan mulai diubah dengan perjuangan secara nasional yang kemudian menghasilkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus bangsa menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat pada umumnya dan pada khususnya generasi muda, pelajar dan mahasiswa untuk senantiasa memaknai nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-sehari, toleran dan selalu menjaga keutuhan NKRI. Sebab perlu di ingat bahwa Pancasila lahir dari Roh bangsa pribumi Indonesia, pancasila merupakan ciri Khas yang tidak dimiliki oleh Negara lain. Orang bisa berkata, bahwa setiap zaman ada massanya, setiap massa ada zamannya, akan tetapi pancasila tak pernah ketinggalan zaman, di karenakan ideology pancasila selalu mengikuti perkembangan zaman apabila kita tetap menjunjung tinggi dan selalu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Memaknai Nilai-Nilai Pancasila"
Oleh 
Sutrisno Mohamad, S.Pd, M.Pd

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar