News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

GMNI Kendari Soroti Rencana Walikota Kendari yang akan melakukan Pinjaman ke PT. SMI

GMNI Kendari Soroti Rencana Walikota Kendari yang akan melakukan Pinjaman ke PT. SMI

Foto : Rizal Papalia, Ketua DPC GMNI Kota Kendari


Kendari Sultra, Sangfajarnews.com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Kendari soroti rencana Walikota Kendari H. Sulkarnain Kadir, SE., ME yang akan melakukan pinjaman kepada PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI).


Pasalnya, kebijakan Pemerintah Kota Kendari dengan melakukan pinjaman kepada PT. SMI berada dalam situasi defisit anggaran dan dianggap tidak populis dan cenderung merugikan masyarakat Kota Kendari oleh DPC GMNI Kota Kendari.


Hal ini menurut Rizal Papalia, Ketua DPC GMNI Kendari, dikarenakan pinjam tersebut akan menjadi utang bagi Pemerintah Kota Kendari ditengah defisit anggaran yang tertera pada pembahasan APBD 2021 lalu.


"Nah, ketika Walikota Kendari melakukan rencana langkah peminjaman maka pada akhirnya ini akan menjadi beban anggaran yang tidak akan pernah ditahu kapan akan tertutupi dari tahun ke tahun, karena negara dalam situasi Kris ekonomi secara nasional akibat dari Pandemi Covid-19," ucap Rizal sapaan akrabnya, Sabtu (20/2/2021).


Melihat dari rencana peruntukan pinjaman itu hanya dititik beratkan pada pembangunan Infrastruktur jalan dan tidak dapat memberikan peningkatan ekonomi masyarakat Kota Kendari ditengah situasi Pandemi Covid-19, DPC GMNI Kota Kendari melalui Rizal Papalia, memberikan 4 Penyataan Sikap untuk Walikota Kendari.


"1. Kami mengharapkan Walikota kendari agar lebih bijak dalam mengambil kebijakan rencana peminjaman tersebut dengan melakukan pengkajian kembali dan analisa tingkat pengaruh dari peruntukan kebijakan tersebut ditengah situasi Pandemi Covid-19 ini.


2. Kami juga meminta agar DPRD sebagai perpanjangan tangan masyarakat kota Kendari sekaligus mitra pemerintah kota Kendari agar supaya tidak terburu-buru memberikan persetujuan atas rencana peminjaman yang akan diajukan pemerintah kota Kendari ke PT Sarna Multi Infrastruktur (SMI).


3. Kami menduga ada kelompok tertentu yang ingin mendapatkan keuntungan dibalik rencana peminjaman anggaran tersebut, dikarenakan kebijakan ini diambil diakhir masa jabatan walikota. Motivasi peminjaman ini perlu dipertanyakan oleh khalayak umum.


4. Kami sarankan Walikota Kendari agar fokus tiga hal. Pencegahan dan pemutusan mata rantai Covid-19 serta pemulihan ekonomi,"


Hal itu disampaikan Rizal Papalia sebagai Ketua DPC GMNI Kota Kendari saat memberikan keterangan persnya kepada Sangfajarnews.com.


Reporter  : Adhar.

Editor       : Adhar

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar