News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Adakan Audiensi, GMNI Siap Memajukan Ekonomi Kerakyatan Melalui Koperasi Pancasila Bersama Dekopinda Kabupaten Cianjur

Adakan Audiensi, GMNI Siap Memajukan Ekonomi Kerakyatan Melalui Koperasi Pancasila Bersama Dekopinda Kabupaten Cianjur


 

Foto : DPC GMNI Cianjur saat melakukan Audiensi dengan Dekopinda Kabupaten Cianjur/Sangfajarnews.


Cianjur Jabar, Sangfajarnews.com
- Di era industri 4.0 bahkan menuju 5.0, koperasi harus mulai menggunakan teknologi informasi melalui digitalisasi. Koperasi akan menjadi garda terdepan dalam etalase perdagangan lokal maupun nasional.

Atas hal itu, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cianjur melakukan Audiensi Bersama Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Cianjur.

Menurut DPC GMNI Cianjur dalam audiensinya, perlu adanya inovasi dengan menerapkan digitalisasi dalam dinamika usaha, perlu juga keharmonisan yang terpadu dan terstruktur antara GMNI sebagai pemuda yang mempunyai ide dan gagasan sebagai kaum pemuda nasionalis dengan Dekopinda Kabupaten Cianjur.

‘’Koperasi mendahulukan keperluan bersama dan menomorduakan kepentingan individual. Oleh karena itu, koperasi harus memiliki fungsi mendidik masyarakat dalam hal mengurus kepentingan bersama,’’ ujar Rizki Novriandi Ketua DPC GMNI Cianjur, Kamis (1/7/2021).

Mereka juga menyampaikan bahwa sistem ekonomi kerakyatan yang mengandung makna sebuah sistem ekonomi partisipatif yang memberikan akses sebesar-besarnya secara adil dan merata bagi seluruh lapisan masyarakat, baik dalam proses produksi, distribusi, dan konsumsi nasional serta meningkatkan kapasitas dan pemberdayaan masyarakat, maupun dalam suatu mekanisme penyelenggaraan yang senantiasa memperhatikan fungsi sumber daya alam dan lingkungan sebagai pendukung kehidupan guna mewujudkan kemakmuran yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia secara berkelanjutan.

“Hal ini juga terkandung dalam pemikiran dasar sistem ekonomi kerakyatan sebagaimana yang secara inheren termaktub dalam filosofi dasar negara kita yaitu Pancasila,’’ ujar Rizki Novriandi.

“Kami berharap Koperasi mampu menjadi tulang punggung perekonomian yang makin handal,mampu berkembang sebagai badan usaha sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang sehat, tangguh, kuat dan mandiri, serta menjadi wadah yang efektif untuk menggalang kekuatan ekonomi rakyat di semua kegiatan atau sektor perekonomian,” sambung Rizki Novriandi.

Disisi lain Ketua Dekopinda Kabupaten Cianjur, Hugosiswaya mengatakan saat audiens dihadapan DPC GMNI Cianjur bahwa perlu adanaya edukasi kepada masyarakat tentang peran dan fungsi koperasi apalagi diperhadapkan de3ngan di era pandemi covid dan menurtut mereka, itu  sangat penting.

‘’Edukasi kepada masyarakat mengenai peran dan fungsi koperasi di era pandemi covid sangat penting, ketika koperasi itu dijalankan dengan sesuai dan dijalankan dengan komitmen masyarakat yang mau menjadikan koperasi ini sebagai suatu wadah ekonomi kerakyatan. Maka kesejahteraan ekonomi masyarakat akan bisa tercapai,’’ ujar Hugosiswaya.

Lanjut, Hugosiswaya berharap Peran pemuda dalam mengedukasi koperasi dan harus ikut berperan aktif dalam kemakmuran ekonomi kerakyatan di Kabupaten Cianjur.

“Peran pemuda dalam mengedukasi koperasi sebagai miniatur pemerintah dalam bidang ekonomi dan bidang lainnya ini sangat sentralistik, kaum muda harus ikut berperan aktif dalam kemakmuran ekonomi kerakyatan,’’ harap Hugosiswaya Ketua Dekopinda Kabupaten Cianjur lebih lanjut.**

Laporan : Redaksi.
Editor     : Adhar.

  

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar