News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peringati Hari Kartini, DPK GMNI FEB Universitas Negeri Gorontalo: R.A Kartini Sebagai Sosok Inspirasi Perempuan Indonesia Masa Kini

Peringati Hari Kartini, DPK GMNI FEB Universitas Negeri Gorontalo: R.A Kartini Sebagai Sosok Inspirasi Perempuan Indonesia Masa Kini

Foto : Nur Pratiwi Madi, Bendahara DPK GMNI FEB Universitas Negeri Gorontalo/Sangfajarnews.


Gorontalo, Sangfajarnews.com – Semangat dan perjuangan Raden Adjeng (RA) Kartini untuk menjunjung tinggi kaum perempuan patut ditiru. Sosoknya pun banyak menjadi inspirasi kaum hawa masa kini.


Ketika ditanya soal momentum Hari Kartini, Nur Pratiwi Madi Selaku Bendahara Umum Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo dengan lugas menjawab bahwa Kartini adalah sosok yang sangat menginspirasi.


Bagi pratiwi, sosok Raden Ajeng Kartini bukan hanya sesosok pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita, tapi juga seorang yang menginspirasi berbagai generasi wanita Indonesia. 


"Bagi Saya Raden Ajeng Kartini adalah seorang wanita yang gigih meraih mimpi, cerdas, dan pemberani membela hak-hak wanita Indonesia. Raden Ajeng Kartini bukan hanya sesosok pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita, tapi juga seorang yang menginspirasi berbagai generasi wanita Indonesia," kata Pratiwi.


Menurut Pratiwi, wanita Indonesia saat ini sangat beruntung karena dapat mengenyam hasil buah tangan dari ibu Raden Ajeng Kartini. Lewat perjuangannya kini perempuan wanita indonesia dapat meraih pendidikan tinggi bahkan dapat menduduki posisi tertinggi dalam suatu kepemimpinan.


"Emansipasi wanita adalah memberikan kesempatan kepada wanita untuk mengembangkan potensinya semaksimum mungkin," ujarnya.


Kartini berhasil membuktikan bahwa wanita memiliki kesamaan dengan pria. Gagasan-gagasan baru mengenai emansipasi wanita pribumi dengan tujuan agar perempuan memiliki kesetaraan gender dengan laki laki, bahwa perempuan memiliki kewajiban dan hak yang sama dengan laki- laki, tidak ingin dipandang rendah oleh laki-laki dan juga memiliki peran yang setara dengan laki-laki.


Pratiwi juga menambahkan tak hanya sosok Raden Ajeng Kartini yang menjadi inspirasi baginya. Ibu, dialah sosok yang juga benar-benar menjadi sumber dari segala semangatnya.


"Ibu saya seorang Ibu dan istri yang luar biasa. Beliau adalah semangat hidup saya. Sosok yang bisa menerima baik dan buruknya anak dengan tulus, ikhlas dan sabar. Dengan segala keterbatasan yang ada dalam dirinya. Dari Ibu, saya belajar banyak hal,” ungkap Pratiwi.


Menurut Pratiwi di era milenial ini, emansipasi benar-benar memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan untuk berprestasi di berbagai bidang. Sama halnya dengan yang dilakukan pria. Namun, Pratiwi mengingatkan bahwa sebagai perempuan, di tengah semangat emansipasi perempuan tetap harus dalam kodratnya.


Terakhir Pratiwi berharap melalui momentum ini, perempuan di indonesia bisa menjadi perempuan yang ikut memajukan Indonesia, berprestasi sehingga menjadi kebanggaan Indonesia juga keluarga.


"Perempuan Indonesia mempunyai kemampuan yang tinggi, yang sebaiknya dimanfaatkan secara optimum. Mari berperan aktif untuk memajukan masyarakat dan negara kita,” pungkasnya.***


Laporan : Redaksi.

Editor     : Adhar.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.